Berita

Penetapan 4 September Sebagai Hari Pelanggan Nasional

  •   pipito
  •   4 September 2021
  •   12:19pm
  •   Berita
  •   8758 kali dilihat

Samarinda – Hari Pelanggan Nasional (HPN) diperingati setiap tanggal 4 September. Dilihat dari sejarah, bagaimana bisa sampai ditetapkan sebagai Hari Pelanggan Nasional?

Mengutip dari dari laman resmi https://haripelanggan.com Hari Pelanggan Nasional pertama kali dicetuskan pada tahun 2003 oleh Chairman Lembaga Riset Pemasaran Frontier Consulting Group, Handi Irawan. Disebutkan HPN saat itu pertama kali dicanangkan oleh Mantan Presiden RI Ke-V, Megawati Soekarnoputri pada tahun 2003. Dengan adanya pencanangan HPN ini, pemerintah, pengusaha dan karyawan diharapkan memberikan perhatian khusus kepada para pelanggan.

Hari Pelanggan merupakan milik perusahaan yang beroperasi di Indonesia, yang melayani dimana konsumen-konsumenya tinggal di Indonesia.

Handi Irawan sebagai sosok di balik HPN, memang dikenal sebagai pakar kepuasan pelanggan. Gagasan HPN ini muncul karena dirinya merasa gregetan saat melihat kondisi pelayanan pelanggan di Indonesia.

“ HPN sendiri merupakan hari dimana setiap perusahaan dapat merenungkan secara mendalam mengenai pelanggan mereka,” terang Chairman Lembaga Riset Pemasaran Frontier Consulting Group yang juga pencetus HPN di Indonesia, Handi Irawan .

Inilah hari lanjutnya, dimana para TOP Management dapat langsung melayani pelanggan dan menggunakan moment ini untuk mendorong setiap karyawannya agar terlibat dan memberikan perhatian  penuh terhadap kepuasaan. Serta Perusahaan memperbaharui komitmen mereka terhadap pembentukan budaya perusahaan dan menjadikan sebagai central dan aktivitas perusahaan.

Gagasan HPN yang dicetuskan Handi Irawan diiringi dengan keyakinan bahwa perusahaan di Indonesia akan lebih berorientasi kepada pelanggan. Perusahaan BUMN dan Swasta telah memberikan dukungan penuh, berpartisipasi dan menjadikan HPN sebagai moment untuk melakukan perubahan-perubahan dalam memberikan pelayanan

HPN pertama dicetuskan banyak pihak mendukung ide tersebut. Memuaskan pelanggan pada dasarnya adalah kewajiban perusahaan. Akan tetapi, memahami pelanggan bukanlah pekerjaan mudah dan cepat. Oleh karena itu, HPN diharapkan menjadi momen yang tepat untuk memompa semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.

HPN sendiri disimbolkan dalam sebuah logo yang melambangkan senyum dengan dasar warna hijau. Logo tersebut mewakili senyuman manusia yang tulus dan menandakan kepuasan. Warna hijau menggambarkan kesejukan, rasa bersahabat dan keramahan. Adapun pemilihan tipologi huruf kecil melambangkan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk terus berkembang. (haripelanggan.com/pt)