Berita

Hadiri Pembukaan Latsitardanus 2024, Pj Akmal : Momentum Hadirkan Calon Pemimpin Bangsa

  •   Rizky Kurniawan
  •   6 Mei 2024
  •   2:12pm
  •   Berita
  •   384 kali dilihat

Balikpapan - Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik menghadiri upacara dan pembukaan Latsitarda Nusantara XLIV tahun 2024 yang berlangsung di Lapangan Pertamina Merdeka 2 Balikpapan, Senin (6/5).

Akmal Malik turut menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap pelaksanaan Latsitarda Nusantara di Kaltim. la berharap pelaksanaan Latsitarda ini dapat menghadirkan pemimpin baru yang bisa membawa Indonesia lebih baik lagi kedepannya.

"Ini sangat bermakna bagi kalimantan timur, apa lagi sekarang IKN ada disini, mudah- mudahan kebersamaan yang digagas melalui latsitarda ini agar bisa membuat indonesia lebih baik kedepan," ucap Akmal setelah menghadiri pembukaan ceremony Latsitarda Nusantara 2024.

Ditempat yang sama, Pj Akmal berharap kegiatan ini bukan hanya ceremony biasa, tetapi dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi Taruna Wreda Nusantara, serta memperkuat semangat nasionalisme dan integritas generasi muda Indonesia.

Pembukaan Latsitarda Nusantara XLIV tahun 2024 yang diikuti sebanyak 1.840 taruna dan taruni dari 7 akademi yaitu Akmil, AAL, AAU, AKPOL, IPDN, UNHAN dan PSSN secara resmi dibuka Komandan Jendral Akademi TNI Letnan Jendral TNI Rudianto bersama Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri Komjen Pol Purwadi Arianto.

Dalam amanatnya Panglima TNI yang dibacakan Letjen TNI Rudianto menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan pagi ini.

"Latsitarda Nusantara ke- 44 Tahun 2024 dengan tema "Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara Menuju Kalimantan Timur Maju dan Unggul" adalah langkah terakhir dalam Kegiatan Integratif Taruna Akmil, AAL, AAU, dan Akpol sebelum mereka menjadi perwira dan dilantik oleh Presiden Republik Indonesia pada bulan Juli 2024," ujar Rudianto.

Menurutnya, Di samping kegiatan fisik, kegiatan non-fisik seperti riset sosial, penyuluhan kesehatan dan Narkoba, wisata sejarah, pendidikan kesadaran bela negara, dan promosi sekolah kedinasan juga akan dilaksanakan.

"Inilah kesempatan para taruna, para calon pemimpin masa depan bangsa untuk melakukan interaksi dan integrasi di tengah masyarakat. Pak Pj Gubernur, Pangdam dan Kapolda, kami titip putra putri terbaik kami," tambah Rudianto.

Sementara itu, Komjen Pol Purwadi Arianto menyampaikan amanat Kapolri mengatakan Latihan ini akan meningkatkan kompetensi peserta latsitarda sehingga mereka siap untuk melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat, Bangsa, dan Negara.

"Latsitardanus adalah media latihan paripurna bagi mereka untuk melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa," ungkapnya. (Rzk/ty)